Senin, 19 November 2012

cara merawat wajah

Kecantikan adalah sesuatu yang dimiliki kaum hawa dan menjadi impian setiap wanita. Karena kecantikan merupakan salah satu daya tarik pada seorang wanita. Mulai dari kulit wajah yang halus, lembut, putih dan bersih. Sebenarnya tak hanya wanita yang perlu untuk melakukan perawatan kulit dan wajah saja, pria pun juga perlu perawatan wajah Karena hal ini juga akan memberikan nilai “plus” pada seorang pria, di samping kelebihan-kelebihan lain yang dimilikinya.perawatan wajah juga dapat menambah kepercayaan diri.

Tentunya masing-masing orang juga mempunyai problema yang berbeda-beda untuk masalah kulit wajahnya. Masalah yang sering dialami adalah wajah yang tampak hitam, kering, bersisik, flek hitam di wajah, jerawat, komedo dan keriput. Tak sedikit orang yang rela mengeluarkan “kocek” ratusan bahkan jutaan rupiah hanya untuk melakukan perawatan wajahnya. Banyak cara yang dapat dilakukan orang untuk mendapat kulit wajah sesuai dengan yang diinginkannya, mulai dari pemakaian obat-obatan atau kosmetik-kosmetik berbahan kimia. Untuk menghilangkan keriput di wajah ada yang menggunakan silikon, untuk memutihkan wajah ada yang menggunakan kosmetik mengandung merkuri dan lainnya.
Namun terkadang orang tidak memperhatikan efek samping obat-obatan yang digunakannya. Yang penting hasilnya cepat terlihat. Padahal terkadang obat-obatan yang dipakainya justru membahayakan kesehatannya, seperti timbulnya kanker, kulit menjadi rusak dan lainnya. Di samping itu orang juga suka untuk mengikuti trend. Mana yang paling banyak dipakai, itulah yang dipilihnya. Padahal kondisi kulit seseorang berbeda-beda. Bisa jadi seseorang cocok dengan kosmetik tertentu, sedangkan bagi yang lainnya kosmetik itu tidak cocok.
Kita juga dapat merawat wajah secara alamidengan bahan-bahan yang sederhana dan menggunakan bahan-bahan alami yang lebih aman bagi kulit kita dan tentunya harganya juga lebih murah. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan diantaranya :

  • Bengkoang

Bengkoang mempunyai sifat mendinginkan, sehingga dapat digunakan untuk kulit yang kusam. Bengkoang juga bisa digunakan untuk memutihkan wajah secara alami. Bengkoang mengandung zat fenolik yang dapat menghambat proses pembentukan melanin, sehingga pigmentasi yang disebabkan karena sinar matahari, hormon atau bekas jerawat dapat dicegah dan dikurangi. Kandungan flavonoid, vitamin C, dan saponin dalam bengkoang bermanfaat sebagai tabir surya alami, sehingga dapat mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

  • Mentimun

Buah yang satu ini kaya akan air dan vitamin C , sehingga dapat digunakan sebagai masker untuk menyegarkan kulit. Mentimun dapat digunakan untuk mengatasi kulit yang kering, terbakar karena sinar matahari, jerawat, noda hitam dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar